Money Manner : Cerminan Integritas Karyawan

 

“Jadilah pribadi yang jujur dan bijak dalam mengelola keuangan”

GSA—Beberapa waktu lalu masyarakat dikagetkan dengan berita mengenai Anggaran APBD yang di mark up mencapai angka fantastis. Polemik yang terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok  dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) terjadi karena kurangnya kontrol dari lembaga terkait.

Berlanjut dengan DPRD kesepakatan mengajukan Hak Angket atas Ahok, tak tinggal diam Gubernur DKI Jakarta melaporkan seluruh kejanggalan yang dia temui ke komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), seperti penyelewengan dan mark up dana untuk Dinas Pendidikan dalam APBD 2014 (CNN Indonesia, 21 Maret 2015).

Berita diatas menggambarkan kepada kita pentingnya berperilaku yang baik dalam mengelola keuangan. Menjadi pribadi yang mampu dan handal mengelola  finansial baik  untuk pribadi maupun di kantor merupakan keinginan banyak orang. Masalahnya, handal dan mampu mengelola keuangan tidak disertai dengan perilaku yang baik, akan mengakibatkan ketidak pedulian dengan tanggung jawab finansial.

Berikut ini ulasan mengenai penilaian terhadap perilaku keuangan  khususnya di dunia kerja.

Integritas
Dalam etika, integritas diartikan sebagai kejujuran dan  kebenaran dari tindakan seseorang, integritas adalah kompas yang mengarahkan perilaku seseorang.  Melalui integritas gambaran keseluruhan pribadi seseorang dapat tercermin.

Akurat
Ketepatan dalam memberikan laporan keuangan maupun nominal dari biaya yang sudah keluar merupakan hal yang wajib dilakukan. Memeriksa ulang laporan keuangan yang akan disajikan juga memeriksa kesesuaian harga dari barang yang diajukan merupakan hal yang wajib.

Negosiasi
Negosiasi merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari dengan kita sadari atau tidak. Pada perusahaan, proses negosiasi terhadap pihak ketiga dalam kaitan project dan pengadaan barang akan memberikan manfaat dalam hal reduce cost.

Value
Setiap rupiah yang menjadi biaya harus diperhitungkan, nilai project  yang berhasil di tekan biayanya akan menghasilkan harga yang lebih baik dan efisiensi. Biaya yang akan diajukan sebaiknya dapat diperoleh dengan harga pasaran Tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan. Dalam jangka panjang hal ini akan memberikan kemajuan dari sebuah perusahaan.

Uang merupakan hal yang sensitif,  tanggung jawab dan perilaku mengatur keuangan menjadikan kita pribadi yang menyenangkan dalam kehidupan finansial yang mapan baik secara pribadi maupun di lingkungan pekerjaan. Perilaku yang baik dan dapat dicontoh dalam mengelola keuangan yang baik tercermin dari etika berikut :

  1. 1. Jujur
    Jujur dalam segala hal adalah hal yang baik, jujur dalam tanggung jawab melakukan pembelian dan melakukan pembayaran ke pihak ketiga juga dalam membuat laporan keuangan adalah salah satu kunci keberhasilan berkarir.
  2. 2. Segerakan Setllement
    Di masing – masing perusahaan memiliki regulasi yang berbeda pada jumlah hari untuk menyelesaikan laporan pembelian biaya/settlement, biasanya 12 hari kerja setelah pengajuan Cash Advance, setelah mengajukan uang muka perusahaan akan meminta laporan pertanggung jawaban/setllement atas biaya yang timbul. Jadikan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku sebagai acuan bekerja. Hal yang harus dihindari melakukan settlement lebih dari hari yang ditentukan.
  3. 3. No Tipping/No Commision
    Tidak menerima atau meminta komisi atas project yang diberikan pihak ketiga, merupakan sikap yang bijak. Dengan tidak meminta komisi membuat bekerja dapat lebih profesional.
  4. 4. Win-Win Solution
    Win-win Solution sebuah teknik komunikasi negosiasi yang menempatkan kedua belah pihak dalam posisi menang. Tidak harus merugikan pihak lain untuk menang.  Win-lose tidak direkomendasikan dalam melakukan negosiasi. Dengan win-lose  kemungkinan kualitas  project atau barang akan berkurang.

Kunci untuk bisa menang dalam sebuah negosiasi adalah keinginan dan kepedulian kita terhadap kesuksesan pihak yang kita negosiasi.

Silvia Kusuma
Director Academy – Global Service Academy