Leadership Manner : “Karakter Unggulan Leader”

Salah satu bentuk dari keberhasilan perusahaan adalah memiliki para Leader yang memiliki karakter unggul, yang dapat mengatasi situasi yang sulit dan bersinergi antara manajemen dan kepemimpinan.

Manajer dan leader adalah dua peran yang sama sekali berbeda , meski kita sering menggunakan istilah bergantian. Manajer memfasilitasi keberhasilan team, dan memastikan bahwa team memiliki segala yang mereka butuhkan untuk menjadi produktif dan sukses, trampil, tepat dan cekatan dalam bekerja.

Sebaliknya , seorang leader bisa siapa saja berasal dari team yang memiliki bakat menjadi seorang leader, yang kreatif berpikir out of box dan memiliki ide cemerlang , yang menyediakan jawaban sebelum ada pertanyaan. Seorang leader yang memiliki pengalaman dalam aspek tertentu yang berguna untuk team. Seorang leader dibentuk oleh dirinya sendiri bukan sekedar pangkat yang diberikan oleh perusahaan.

Berikut karakter unggulan leader yang dapat kita jadikan contoh :

  1. Leader yang siap menjadi role model
    Menjadi role model serta selalu memberikan pengarahan diri sendiri . Seorang leader yang unggulan selalu siap menerima kritikan dan saran, sehingga mereka siap menjadi contoh bagi karyawan lainnya.
  2. Leader yang bekerja lebih banyak,
    Salah satu ciri leader yang baik biasanya mereka dapat memobilisasi team menuju visi perusahaan dan fokus pada tujuan akhir , juga mendorong team hingga berhasil. Leader yang bekerja lebih banyak dibandingkan teamnya memberikan semangat dan antusiasme leader lainnya.
  3. Leader yang berani bertanggung jawab
    Tidak banyak leader yang berani bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama. Bukan hal yang tidak mungkin tanggung jawab itu dilakukan oleh orang yang bukan berpangkat manajer.
  4. Leader yang berintegritas
    Kembali integritas menjadi acuan dalam memimpin, jika diibaratkan bola maka pemimpin yang memiliki integritas yang baik tidak memiliki celah atau sudut, sehingga orang lain akan melihat hasil dari pekerjaannya itu sempurna.
  5. Leader yang berjiwa besar
    Terkadang jiwa besar merupakan seuatu yang sulit dilakukan jika seseorang sudah mendapat pangkat manajer, seorang leader yang baik akan berjiwa besar jika dihadapi dengan masalah atau kendala pada pekerjaannya.

    Tidak hanya menjadi pemimpin yang memiliki karakter unggulan serta selalu konsisten dalam keahlian yang dimiliki. Para leader juga menyadari bahwa kepemimpinan dapat dan harus situasional , tergantung pada kebutuhan team . Kadang-kadang team membutuhkan bukan sekedar pembinaan tetapi juga ingin melihat seorang leader yang dapat menjadi contoh teladan karyawan.

Silvia Kusuma Dewi
Director Academy – Global Service Academy