Karakter Manner : “Menuju Karakter yang Lebih Baik Tinggalkan Comfort Zone “

Istilah tidak asing yang kita sering dengar  salah satunya “ Comfort Zone”. Bagaimana dengan  Comfort  Zone  Character?,  tidak  banyak  orang  yang  berani  mengambil tindakan dan perubahan dalam pribadinya untuk keluar dari zona nyaman.

Comfort Zone Character, keadaan yang nyaman yang tanpa kita sadari membuat kita tidak mau melakukan perubahan dalam kepribadian , mengambil resiko dan membuka diri kita kepada karakter yang menjadikan diri lebih baik lagi.

Jika anda mau memperhatikan mengapa orang senang mengubah   posisi duduk atau posisi saat saat mau tidur. Pasti karena keadaan yang tidak nyaman membuat Anda sering bergerak dan berusaha mengubahnya menjadi kondisi yang nyaman. Jika sudah mendapatkan posisi yang dianggap nyaman Anda, Anda tidak mau merubah ke posisi lainnya.

Karakter dan kepribadian yang anda miliki saat ini, kehidupan yang anda jalankan pasti berubah jika Anda sudah merasa tidak nyaman, keluhan dari rekan kerja, merasa sudah memberikan yang terbaik tapi tidak diperhitungkan,   kurangnya penghasilan,  tidak nyaman dengan bidang pekerjaannya atau mungkin juga lingkungan kerja yang tidak kondusif. Bagaimana dengan kondisi kebalikannya, jika Anda memiliki pekerjaan yang

baik, penghasilan yang itu dirasakan cukup bagi Anda serta lingkungan kerja yang membuat Anda merasa nyaman bekerja di perusahaan .   Selama Anda masih merasa nyaman dapat dipastikan Anda masih betah dengan kondisi tersebut dan sulit untuk berubah.

Kita semua pernah mengalami stress atas tuntutan pekerjaan yang tinggi, tetapi tahukah Anda stress yang sehat akan membangun dan menjadikan dorongan yang sangat kuat untuk memotivasi diri sendiri menjadi pribadi yang memiliki sikap dan kehidupan yang lebih baik.

Anda ingin mengetahui bagaimana caranya pindah dari Comfort Zone Character, berikut ulasan 6 langkah menuju kepribadian yang lebih baik :

1.   Berani menerima peluang

Banyak orang yang takut menerima peluang atau kesempatan baru, tidak salah memang karena setiap individu memiliki karakter masing-masing yang sudah terbentuk dan dipola dari rumah. Sifat dan karakter anda yang sudah terbentuk dari rumah secara tidak sengaja membuat anda tetap pada posisi nyaman karakter yang anda miliki saat ini. Sehingga akibatnya anda pun takut menerima peluang yang ditawarkan kepada anda. Rubahlah pandangan itu, ambilah
peluang pertama yang ditawarkan kepada anda untuk menuju pribadi yang baru.

2.    Merubah karakter dapat membantu kelemahan Anda

Merubah karakter Anda diluar  Comfort  Zone Character  adalah penting dalam pengembangan kepribadian. Bagaimana Anda akan mengalami perubahan dalam kehidupan dan karir jika karakter yang Anda miliki masih belum dapat memenuhi untuk mensupport yang Anda inginkan.

3.   Berani Menerima Tantangan

Seperti halnya dalam menerima peluang, banyak orang juga segan untuk menerima tantangan baru, karena tantangan baru dianggap sesuatu yang akan menyulitkan dari keadaan yang saat ini yang sudah nyaman. Beranikanlah diri anda menerima tantangan baru agar anda menuju kehidupan yang lebih baik.

4.   Temukan Karakter Baru

Menemukan karakter baru  yang cocok dengan anda, membantu anda keluar dari zona nyaman karakter anda. Jika anda menemukan karakter yang kuat dan dipandang orang lain merupakan karakter yang baik, cobalah aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan anda sendiri orang yang baru dan memiliki karakter yang luar biasa.

5.   Berpikir Kreatif

Berpikir kreatif memang banyak resiko, pada waktu kita mengeluarkan ide dan pemikiran baru terkadang harus berhadapan dengan penolakan.  Pada waktu yang sama, kita tidak sadar bahwa resiko yang tinggi akibat perubahan adalah kemungkinan terbaik menuju perubahan.

6.   Tuntaskan Masalah Dengan Segera

Hadapi dan selesaikan masalahmu dengan tuntas, jika masalah yang dibiarkan berlarut-larut akan membuat karakter yang ada pada diri anda akan tidak berkembang dan akan tetap pada posisi yang sama. Masalah tidak dibesar- besarkan tetapi masalah itu diselesaikan. Jika anda dapat menuntaskan masalah dengan tuntas, maka anda sudah memiliki pribadi yang dapat diunggulkan.

Sekali anda melangkah keluar area comfort zone membuat hal-hal yang anda lakukan lebih mudah dan tidak menemukan kesulitan jika harus menghadapi persoalan yang sama.

Menjadi seseorang yang mengambil resiko  perubahan dengan penuh perhitungan akan merubah karakter diri anda dan akan membiasakan diri anda untuk mencoba sesuatu yang baru. Anda akan terbuka untuk pengalaman yang baru dimana pengalaman tersebut memerlukan orang yang memiliki karakter yang berkualitas, dimana intelektual pengetahuan, imajinasi, emosional dan keingintahuan sangat berpengaruh terhadap perubahankarakter.

Keadaan nyaman tidak akan memindahkan Anda dari tempat Anda berada ke tempat yang Anda inginkan. Malahan orang yang merasa nyaman biasanya mudah tertidur dan kadang butuh digoncangkan agar terbangun. Keadaan nyaman jarang mendorong seseorang untuk melakukan perubahan. Sebaliknya, saat Anda merasa tidak nyaman perasaan inilah yang justru seringkali mendorong anda menciptakan perubahan.

Oleh karena itu jika Anda ingin meraih kemajuan, Anda harus segera keluar dari zona nyaman Anda. Bersiaplah dengan ketidaknyamanan karena itu yang akan membuat terbangun dari tidur dan meraih peningkatan.

"Kehidupan dimulai pada akhir zona nyaman Anda." (Neale Donald Walsch)

Silvia Kusuma Dewi
Director Academy – Global Service Academy